Info

 Ceriakan Harimu Dengan Senyuman.

Beberapa Macam-Macam Tipe Data Pada PHP

Beberapa Macam Tipe Data PHP

Programmer

  Pada artikel ini mungkin admin akan melanjutkan tentang PHP dulu ya. Karena ini merupakan artikel yang sangat penting yaitu mempelajari tipe data pada PHP. Sebagai seorang web development wajib mempelajari sebuah tipe data, karena tipe data dapat mengklasifikasi pada kelompok-kelompok data seperti atribut, elemen dan sebagainya. Pada penjelasan kali ini mungkin saya hanya membagikan contoh-contoh tipe data yang ada pada PHP untuk pengertiannya pada artikel selanjutnya.

 

Beberapa Macam Tipe Data Dalam Bahasa Pemrograman PHP

  Seperti bahasa pemrograman lain PHP juga memiliki sebuah tipe data, berbeda dengan HTML dan CSS karena mereka bukan bahasa pemrograman dalam artian untuk pelengkap bahasa pemrograman. PHP mempunyai tipe data ter-struktur dalam sebuah pengelompokkan berguna untuk menyimpan sebuah memmory pada komputer dan database. Tipe data dalam PHP dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian sebagai berikut :

  • Integer (Bilangan Bulat)
  • Floating-Point (Bilangan Riil)
  • Character (Karakter)
  • String (Teks)
  • Boolean
  • Array
  • Object

Tipe Data Integer (Bilangan Bulat)

  Integer merupakan tipe data yang mempresentasikan bilangan secara utuh atau secara bulat (seperti namanya) seperti 1, 3, 7, dan sebagainya. Rentang nilai yang dimiliki integer adalah -2.147.483.648 sampai dengan nilai +2.147.483.647 (ini merupakan data maksimal yang dimiliki integer). Nilai literial integer dapat di tulis ke dalam bentuk decimal (basis 10), oktal (basis 8) serta hexadecimal (Basis 16) Sebagai contoh Kode Programmer berikut.

Tipe Data Floating-Point (Bilangan Riil)

  Tipe data floating-point merupakan tipe data yang mempresentasikan nilai-nilai dalam bahasa numerik yang berbentuk pecahan atau mengandung angka decimal di belakang koma. Floating ini berada pada rentang-rentang nilai 1.7E-308 dan 1.7E+308 dengan 15 digit akurasi (secara mutlak). Bilangin Floating juga dapat tertulis dalam notasi normal dan notasi sains (scientific). Contoh Program Floating.

Tipe Data Character (Karakter)

  Tipe data Character ini cara penggunaanya dengan cara merepsentasikan sebuah data dengan nilai karakter tunggah, missal ‘A’,’B’,’o’ dan karakter lain sebagainya. Karakter dalam PHP ini juga diapit dengan menggunakan sebuah tanda petik tunggal.

 

  Sama halnya dengan bahasa pemrograman C, bahasa PHP juga mendukung sebuah escape sequence yaitu huruf karakter yang di awali oleh huruf karakter backslack (\). Meskipun telah tersusun dari 2 buah karakter atau lebih. Escape sequence di anggap sebagai karakter tunggal. Escape sequence juga memiliki aturan khusus dan kegunaan yang berbeda-beda, Seperti table yang sudah saya susun sebagai berikut.

Escape sequenceKarakter yang direpresentasikan
\”Double Quotes
\nNewline (baris baru)
\rCarriage Return (reset posisi)
\tTab
\\Backslash
\$Dollar sign
\{Left Brace
\}Right Brace
\[Left Bracket
\]Right Bracket
\0 sampai \777Karakter ASCII yang direpresentasikan dengan nilai octal
\x0 sampai \xFFKarakter ASCII yang direpresentasikan dengan nilai heksadesimal

Tipe Data String

  Tipe data string di implementasikan sebagai data yang hanya berupa teks (sekumpulan karakter). Dalam bahasa pemrograman PHP mendukung dua tipe string yang diapit oleh kedua tanda petik diantaranya : Petik Ganda ( ” ) dan Petik tunggal ( ‘ ). Tipe data string ini sering di gunakan programmer web development dalam pembuatan sebuah situs website. Contoh kode program sebagai berikut :

 

Tipe Data Boolean

  Tipe data boolean menentukan sebuah nilai antara benar (true) atau salah (false). Sebagai Contoh :

 
Contoh lain saya lakukan dengan penjabaran proses pemilihan atau penggabungan dari statement bagian kondisi (if).

Tipe Data Array

  Tipe data array merupakan variabel yang menyimpan sebuah sekelompok nilai jadi bagian tertentu. Tipe data ini dapat mengindentifikasi atau mengaksesnya berdasarkan posisi nilai ataupun nama yang telah di definisikan pada sebelumnya. Dalam bahasa pemrograman PHP array memulai dari nilai (indeks) yang terkecil yaitu 0 bukan 1. Contoh Kode Bahasa Array Sebagai Berikut :

Tipe Data Object

  Sama seperti bahasa pemrograman lain seperti Java, Python, C++ dan sebagainya. PHP memiliki dukungan basis bahasa pemrograman berorientasi objek atau objek oriented programming (OOP). PHP mendukung tipe data object dengan melalui konsep sebagai object oriented. Suatu permasalahan yang sering di sederhanakan menjadi sebuah kumpulan objek yang saling berkolaborasi (terkaitan). Dalam basis OOP attribut kelas unit paling penting dalam PHP, Karena kelas merupakan suatu definisi struktur yang memiliki sebuah property dan metode (fungsi). Dalam bahasa pemrograman PHP kelas di identifikasi sebagai menggunakan kata kunci class. Contoh Kode Program Tipe Data Object.
  Contoh lain untuk menggunakan attribut kelas tersebut. Kita perlu menggunakan kata kunci new sedangkan nama seperti properti (data) dan metode (fungsi) tersebut dalam suatu kelas dapat kita akses melalui operator ->. Contoh kodenya seperti berikut.
  Dalam artikel ini kita sudah membahas macam-macam tipe data pada PHP secara singkat dan menjabarkannya secara lengkap. Mungkin artikel itu saja yang dapat admin berikan, semoga yang membaca artikel ini bermanfaat bagi pembaca, Terima Kasih.


mm

" Hanya Mencari Ketenangan Dalam Belajar "


Komentar

Informasi :

   Jadilah Komentar Anda Yang Pertama (Pertamax). Komentarlah dengan Kata Yang Baik Dan Sopan, Dilarang Menggunakan Kata Kasar Dalam Berkomentar.
   Selalu Berkunjung Di Website Kami :3, Kami Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik.
  • Disqus
  • Website
  • Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

[+] Klik Disini Untuk View Emoticon Yang Ada Di Website. Powered By : @Indonesia-Komunitas