Tips Rendering Video di After Effect - Indonesia-Komunitas

Info

 Ceriakan Harimu Dengan Senyuman.

Tips Rendering Video di After Effect

Tips Rendering Video di After Effect

 

Tips Rendering Video di After Effect – Mungkin dari kalian sudah banyak menemukan efek-efek menarik yang ada pada sebuah video atau film. Namun, pernahkah kalian penasaran bagaimana cara membuatnya? apa saja yang diperlukan untuk menghasilkan effect yang bagus itu? atau mungkin sudah mulai  mencoba membuat efek-efek tersebut? Yaps..salah satu software umum yang paling sering kita dengar dalam pembuatan effect adalah Adobe After Effect.

 

Proses Rendering dalam After Effect

 

Dalam Adobe After Effect terdapat banyak sekali fitur-fitur yang bisa digunakan untuk membuat beraneka effect yang kita inginkan pada suatu video. Namun, jika kita membicarakan tentang effect tentunya akan berurusan dengan proses editing yang rumit dan berat.

 

Disini kalian perlu memerhatikan beberapa aspek penting seperti pengolahan effect ketika editing, kesesuaian effect yang digunakan dengan scene pada video, kualitas import dan export video, pengaturan ketika rendering video, serta ukuran file setelah hasil editing tersebut di export menjadi video siap tonton.

Semua itu perlu proses dan pemahaman yang cukup. Namun, Seiring dengan banyaknya kalian mencoba menggunakan aplikasi ini lama kelamaan kalian pasti bisa menggunakan fungsi-fungsi dan fitur-fitur yang ada di dalam Adobe After Effect.

 

Setelah kalian sudah bisa menghasilkan sebuah efek pada video, tentunya untuk melihatnya dengan mudah kalian perlu melakukan proses export video tersebut terlebih dahulu, proses ini biasanya disebut  “Rendering”.

 

Cepat atau lamanya proses rendering tergantung dengan seberapa besar kualitas, resolusi, durasi dan tentunya jenis efek yang digunakan. Semakin detail efek yang digunakan maka proses rendering akan semakin lama. Selain itu, masalah lain yang kalian hadapi adalah size/ukuran export video tersebut yang terlalu besar dan tidak sebanding dengan kualitas yang dihasilkan.

 

Semua ini bisa kalian atur kembali pada menu settings video. Ini agar hasil video tersebut dapat memiliki ukuran yang kecil namun tetap memiliki kualitas yang bagus.

 

Cara Rendering video di After Effect

Berikut adalah cara dan rendering video di After Effect :

 

Pertama, silahkan buka project After Effects yang ingin di render. Pastikan durasi project (area render) sudah benar berada di titik awal dan akhir.

 

Jika sudah, untuk masuk ke menu render pilih menu Composition – Add to Render Queue di bagian menubar atas.

 

Rendering Video di After Effect

 

Setelah itu Anda akan langsung diarahkan ke bagian render yang letaknya dibagian bawah. Disini agar hasilnya baik dan ukuran yang dihasilkan tidak terlalu besar kita akan menggunakan format mp4 (H.264). Untuk cara settingnya klik bagian “Lossless” dibagian Output Module.

 

 

Setting Render

 

 

Untuk pengaturannya, silahkan pilih format video “H.264” karena format tersebut adalah istilah lain dari format .mp4.

 

 

Pemilihan format render

 

 

Format H.264

 

Saya menggunakan Quicktime disini karena tidak tersedia format H.264 dari After Effect nya. Jadi format yang akan dihasilkan dari quicktime H.264 adalah .mov. ukuran format ini hampir sama saja dengan mp4. Lalu pada “Audio Output” biarkan saja pada “Auto”, dan terakhir klik OK.

 

Selanjutnya, tentukan dimana lokasi video tersebut nantinya akan disimpan. Caranya silahkan klik pada bagian “Output To” lalu cari dimana nantinya hasil video tersebut di simpan dan jangan lupa kasih nama. Jika semuanya sudah selesai tinggal klik “Render” untuk proses menghasilkan video.

 

Tips Rendering Video di After Effect

 

 

Itulah cara dan tips rendering hasil project After Effects ke dalam bentuk video, dengan format mp4 / mov tersebut file video yang nantinya dihasilkan tidak terlalu besar seperti format Avi. Btw, dari file yang saya render itu hasil ukurannya hanya 251Mb jika dalam format mp4 dengan kualitas seperti berikut:

 

Hasil Rendering

 

Ok itu saja tutorial yang dapat saya bagikan kali ini, Semoga bermanfaat ^-^

 

 

Kunjungi juga artikel-artikel menarik lainnya di indonesia-komunitas.com


Tandai


Komentar

Informasi :

   Jadilah Komentar Anda Yang Pertama (Pertamax). Komentarlah dengan Kata Yang Baik Dan Sopan, Dilarang Menggunakan Kata Kasar Dalam Berkomentar.
   Selalu Berkunjung Di Website Kami :3, Kami Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik.
  • Disqus
  • Website
  • Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

[+] Klik Disini Untuk View Emoticon Yang Ada Di Website. Powered By : @Indonesia-Komunitas