Seputar VLAN - Indonesia Komunitas

Info

 Ceriakan Harimu Dengan Senyuman.

Seputar VLAN

Seputar VLAN

 

Seputar VLAN – VLAN adalah LAN virtual. Dalam istilah teknis, sebuah VLAN adalah broadcast domain yang dibuat oleh switch. Biasanya, itu adalah router yang menciptakan broadcast domain. Dengan VLAN, sebuah switch dapat menciptakan broadcast domain.

 

Hal ini bekerja dengan, Anda, administrator, menempatkan beberapa port switch di VLAN lain dari 1, VLAN default. Semua port dalam VLAN tunggal berada dalam broadcast domain tunggal.

 

Karena switch dapat berbicara satu sama lain, beberapa port pada switch A dapat di VLAN 10 dan port lain pada switch B dapat di VLAN 10. Siaran antara perangkat ini tidak akan terlihat pada port lain dalam VLAN lain, selain 10. Namun, perangkat ini semua bisa berkomunikasi karena mereka berada pada VLAN yang sama. Tanpa konfigurasi tambahan, mereka tidak akan mampu berkomunikasi dengan perangkat lain, bukan dalam VLAN mereka.


Apakah VLAN dibutuhkan ?

 

Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda tidak perlu mengkonfigurasi VLAN sampai jaringan anda menjadi terlalu besar dan memiliki begitu banyak lalu lintas yang Anda butuhkan satu. Banyak kali, orang hanya menggunakan VLAN karena jaringan mereka bekerja pada sudah menggunakan mereka.

 

Fakta lain yang penting adalah bahwa, pada switch Cisco, VLAN diaktifkan secara default dan semua perangkat telah berada dalam VLAN. VLAN bahwa semua perangkat sudah di adalah VLAN 1. Jadi, secara default, Anda hanya dapat menggunakan semua port pada switch dan semua perangkat akan dapat berbicara satu sama lain.


Kapan saya butuh VLAN ?

 

Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan VLAN dalam salah satu situasi berikut:

  • Anda memiliki lebih dari 200 perangkat pada LAN Anda
  • Anda memiliki banyak lalu lintas broadcast pada LAN Anda
  • Kelompok pengguna perlu lebih banyak keamanan atau sedang melambat oleh siaran terlalu banyak?
  • Kelompok pengguna perlu di domain broadcast yang sama karena mereka sedang menjalankan aplikasi yang sama.Contoh akan menjadi sebuah perusahaan yang memiliki telepon VoIP. Para pengguna menggunakan ponsel bisa berada pada VLAN yang berbeda, bukan dengan pengguna biasa.
  • Atau, hanya untuk membuat sebuah saklar tunggal menjadi beberapa virtual switch.

Mengapa tidak hanya subnet jaringan saya ?

 

Sebuah pertanyaan umum adalah mengapa tidak hanya subnet jaringan daripada menggunakan VLAN ? Setiap VLAN harus berada dalam subnet sendiri. Manfaat bahwa VLAN menyediakan melalui jaringan subnetted adalah bahwa perangkat di lokasi fisik yang berbeda, tidak akan kembali ke router yang sama, dapat berada di jaringan yang sama.Keterbatasan subnetting jaringan dengan router adalah bahwa semua perangkat pada subnet yang harus terhubung ke switch yang sama dan saklar yang harus terhubung ke port pada router.

 

Dengan VLAN, satu perangkat dapat tersambung ke satu switch, perangkat lain dapat terhubung ke switch yang lain, dan mereka perangkat masih dapat pada VLAN yang sama (broadcast domain).


Bagaimana perangkat pada VLAN berkomunikasi yang berbeda itu ?

 

Perangkat pada VLAN yang berbeda dapat berkomunikasi dengan router atau Layer 3 switch.Karena setiap VLAN adalah subnet sendiri, sebuah router atau Layer 3 saklar harus digunakan untuk rute antara subnet.


Apa yang dimaksud dengan port trunk ?

 

Ketika ada link antara dua switch atau router dan switch yang membawa lalu lintas lebih dari satu VLAN, bahwa port adalah port trunk.

 

Sebuah port trunk harus menjalankan protokol trunking khusus. Protokol yang digunakan akan menjadi milik Cisco Inter-switch link (ISL) atau standar IEEE 802.1q.


Bagaimana cara membuat VLAN ?

 

Konfigurasi VLAN dapat bervariasi bahkan antara model yang berbeda dari switch Cisco.Tujuan Anda, tidak peduli apa perintah yang, adalah untuk:

  • Buat yang baru VLAN
  • Letakkan setiap pelabuhan di VLAN yang tepat

Katakanlah kita ingin menciptakan 5 VLAN dan 10. Kami ingin menempatkan port 2 & 3 di VLAN 5 (Pemasaran) dan port 4 dan 5 di VLAN 10 (Sumber Daya Manusia). Pada switch Cisco 2950, ​​di sini adalah bagaimana Anda akan melakukannya :

 

 

Pada titik ini, port hanya 2 dan 3 harus dapat berkomunikasi satu sama lain dan port 4 & 5 harus mampu berkomunikasi. Itu karena masing-masing dalam VLAN nya sendiri. Untuk perangkat pada port 2 untuk berkomunikasi dengan perangkat pada port 4, Anda harus mengkonfigurasi port trunk ke router sehingga dapat menanggalkan informasi VLAN, rute paket, dan menambahkan kembali informasi VLAN.

 

Semoga bermanfaat :)



http://indonesia-komunitas.com/wp-content/uploads/2017/02/Indonesia-Komunitas-Groups.jpg

"Seseorang yang Berusaha Berguna Bagi Orang Lain"


Komentar

Informasi :

   Jadilah Komentar Anda Yang Pertama (Pertamax). Komentarlah dengan Kata Yang Baik Dan Sopan, Dilarang Menggunakan Kata Kasar Dalam Berkomentar.
   Selalu Berkunjung Di Website Kami :3, Kami Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik.
  • Disqus
  • Website
  • Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

[+] Klik Disini Untuk View Emoticon Yang Ada Di Website. Powered By : @Indonesia-Komunitas