PLC ( Power Line Communication ) - Indonesia Komunitas

Info

 Ceriakan Harimu Dengan Senyuman.

PLC ( Power Line Communication )

Power Line Communication

 

PLC merupakan kepanjangan dari Power Line Communications. Teknologi yang menggunakan koneksi kabel listrik yang dapat di gunakan pada jaringan listrik yang telah ada untuk memberikan pasokan energi listrik. Di saat yang bersamaan juga dapat di gunakan untuk mentransfer data dan transmisi suara. Kecepatan maksimal yang bisa diraih menggunakan teknologi ini kurang lebih mendekati kecepatan koneksi transmisi data menggunakan fiber optic, mulai dari 256 Kbit/s sampai 45 Mbit/s.


PLC atau yang biasa di sebut ‘internet via jala-jala’, adalah koneksi internet dengan menggunakan kabel daya PLN. Jadi koneksi internet yang selama ini memakai kabel komunikasi dengan port RJ11 atau RJ45 akan di ganti dengan kabel daya atau jala-jala langsung dari kabel daya PLN. Bisa, karena memanfaatkan medan elektromagnet yang di timbulkan oleh akitivitas penghantaran arus ( hukum Maxwell ). Kita tidak perlu susah-susah ke warnet, cukup pasang line di rumah aja, kita udah bisa berselancar di dunia maya adapun pengertian lain dari PLC ( Power Line Communication ), yaitu menggunakan jaringan kabel listrik untuk komunikasi dan transmisi data.


Aliran listrik itu sesungguhnya dapat di gunakan untuk menjadi “carrier” ( pembawa ) sinyal informasi dan data. Karena data itu sendiri dapat di konversi dari format digital menjadi analog. PLC ini adalah teknologi yang menggunakan koneksi kabel listrik yang dapat di gunakan pada jaringan listrik yang telah ada untuk memberikan pasokan energi listrik, dan di saat yang bersamaan juga dapat di gunakan untuk mentransfer data dan transmisi suara. Kecepatan maksimal yang bisa di raih menggunakan teknologi ini kurang lebih mendekati kecepatan koneksi transmisi data menggunakan fiber optic, mulai dari 256 Kbit/s sampai 45 Mbit/s.


Kita juga tidak usah takut kesetrum, karena koneksi internet ini ( BPL ) menggunakan carrier yang bermain pada frekuensi yang rendah pada kabel listrik bertegangan AC. Kalau kita ingin mengakses internet dari colokan listrik begini, kita harus punya “modem” khusus BPL dan ini berbeda dengan modem konvensional yang berbasis koneksi telefon ( dial-up ) atau lainnya.


Dengan teknologi jaringan telepon kabel tersebut, kita bebas mengakses Internet tanpa menutup peluang jika ada telepon yang akan masuk. Ini merupakan kelebihan yang nyata dari jaringan telepon melalui kabel listrik yang di miliki PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN ) yang menghubungan dari rumah yang satu ke rumah yang lain, semula teknologi tersebut kurang di tanggapi karena banyak peminat yang ragu-ragu, takut kesetrum dan merasa belum aman. Namun, kini para pengguna jasa yang di selenggarakan anak perusahaan PLN, PT. Indonesia Comnets Plus ( Icon+ ), dapat dinikmati benar kemudahan yang tersedia.

 

Semoga bermanfaat :)



http://indonesia-komunitas.com/wp-content/uploads/2017/02/Indonesia-Komunitas-Groups.jpg

"Seseorang yang Berusaha Berguna Bagi Orang Lain"


Komentar

Informasi :

   Jadilah Komentar Anda Yang Pertama (Pertamax). Komentarlah dengan Kata Yang Baik Dan Sopan, Dilarang Menggunakan Kata Kasar Dalam Berkomentar.
   Selalu Berkunjung Di Website Kami :3, Kami Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik.
  • Disqus
  • Website
  • Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

[+] Klik Disini Untuk View Emoticon Yang Ada Di Website. Powered By : @Indonesia-Komunitas