Perbedaan Fungsi dan Ukuran L1, L2, L3 Cache Pada Processor - Indonesia Komunitas

Info

 Ceriakan Harimu Dengan Senyuman.

Perbedaan Fungsi dan Ukuran L1, L2, L3 Cache Pada Processor

Perbedaan Fungsi Cache Processor

 

Cache ( Tembolok ) merupakan penyimpanan sementara instruksi atau data untuk di proses kembali oleh Processor ketika di butuhkan. Ada banyak jenis Cache. Admin di sini akan membagikan Perbedaan Fungsi Cache Processor L1 sampai L3. Setiap Processor di bekali besaran Cache yang berbeda, tergantung dari seri dan teknologinya.


Fungsi Cache L1, L2, L3

 

  • Fungsi Cache L1

Sejumlah kecil SRAM memori yang di gunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada Processor. L1 cache ini di kunci pada kecepatan yang sama pada Processor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa Processor memiliki Supply data yang stabil untuk di proses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.

 

  • Fungsi Cache L2

Fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache di kenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua ( tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache ) yang di sediakan untuk MikroProcessor.

 

  • Fungsi Cache L3

L3 cache memori khusus yang bekerja dengan L1 dan L2 cache untuk meningkatkan kinerja komputer. L1, L2 dan L3 cache yang pemrosesan komputer unit ( CPU ) cache, ayat-ayat jenis lain dalam sistem cache seperti hard disk cache.


Perbedaan antara L1, L2, dan L3

 

Perbedaannya yaitu terletak pada kecepatan pemrosesan. Yang tercepat adalah L1, di susul oleh L2, kemudian yang terendah L3. Namun ketiganya saling menunjang dan memiliki fungsi caching tersendiri. Setiap Processor yang memiliki L1 cache besar memiliki kemampuan pemrosesan data lebih cepat dan efisien.


Ukuran Cache dari L1, L2, dan L3

Cache memori ada tiga level yaitu L1,L2 dan L3.
  • Cache memori Level 1 ( L1 ) adalah cache memori yang terletak dalam Processor ( cache internal ). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb. Cache Level 2 ( L2 ) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1.
  • Cache L2 terletak terpisah dengan Processor atau di sebut dengan cache eksternal.
  • Cache Level 3 hanya di miliki oleh Processor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari cache L2 dari masing-masing inti Processor.

 

Semoga Bermanfaat :)



"Seseorang yang Berusaha Berguna Bagi Orang Lain"


Komentar

Informasi :

   Jadilah Komentar Anda Yang Pertama (Pertamax). Komentarlah dengan Kata Yang Baik Dan Sopan, Dilarang Menggunakan Kata Kasar Dalam Berkomentar.
   Selalu Berkunjung Di Website Kami :3, Kami Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik.
  • Disqus
  • Website
  • Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

[+] Klik Disini Untuk View Emoticon Yang Ada Di Website. Powered By : @Indonesia-Komunitas