Pengertian UEFI serta Apa Kelebihan dan Kekurangannya - Indonesia Komunitas

Info

 Ceriakan Harimu Dengan Senyuman.

Pengertian UEFI serta Apa Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian UEFI serta Apa Kelebihan dan Kekurangannya

 

Pengertian UEFI serta Apa Kelebihan dan Kekurangannya – Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah standar baru firmware interface untuk PC yang di desain untuk menggantikan BIOS (Basic Input/Output System).

 

UEFI awalnya di kembangkan oleh Intel dan di beri nama EFI. Namun sebuah group yang terdiri dari 140 perusahaan mengambil alih pengembangannya dan menamainya Unified EFI atau UEFI.


Seperti halnya BIOS, UEFI menghubungkan antara hardware, firmware, dan OS dalam sebuah komputer. UEFI menjadi program yang pertama kali berjalan saat komputer di nyalakan. UEFI akan mengecek setiap komponen hardware yang terpasang di komputer, menyalakannya, mengaturnya, dan menyerahkannya ke sistem operasi melalui proses booting.

 

 


UEFi di buat untuk mengatasi kelemahan dan batasan yang di miliki oleh BIOS, sehingga firmware ini memiliki banyak kelebihan di bandingkan BIOS :

 

  • UEFI memiliki komunikasi yang lebih baik dengan hardware dan firmware. Misalnya saja dia tidak memerlukan boot sector di hardisk dan bisa menggunakan mouse + keyboard di interfacenya.
  • UEFI juga mampu di program sehingga manufaktur bisa menambahkan aplikasi dan driver di dalamnya, membuat sistem dan fitur UEFI bisa lebih lengkap daripada BIOS.
  • Secara visual UEFI memiliki tampilan yang lebih cantik dan atraktif. Terlebih mouse dan keyboard bisa di gunakan di UEFI sehingga semakin memudahkan proses konfigurasi dan overclocking.
  • UEFI memiliki security yang lebih kuat di bandingkan BIOS. Dia mampu melindungi pre-startup, pre-boot, dan process lainnya dari serangan bootkit.
  • UEFI mendukung hardisk dengan kapasitas lebih dari 2.2 TB
  • UEFI mempercepat waktu startup dan resume saat komputer di hibernate.
  • UEFI mendukung driver perangkat 64-bit sehingga bisa mengalokasikan hingga 17.2 Milyar GB memory saat startup!
  • Selama masa transisi dari BIOS ke UEFI, sebagian besar platform bakal support BIOS meskipun mereka menggunakan UEFI. BIOS bisa berjalan di UEFI.

 

Salah satu kelemahan UEFI hanyalah umurnya yang masih muda, sehingga belum semua sistem operasi mendukung firmware tersebut. Linux sebenarnya sudah support UEFI, namun sayangnya belum ada distro Linux yang mengoptimasi OS mereka dengan UEFI. Sebagian besar distro Linux masih belum memanfaatkan UEFI.

Windows 8 yang di rilis 2012 lalu mungkin adalah OS pertama yang memanfaatkan UEFI secara total melalui fitur restore, refresh, secure boot, dan beberapa fitur lainnya.

 

Semoga bermanfaat :)



http://indonesia-komunitas.com/wp-content/uploads/2017/02/Indonesia-Komunitas-Groups.jpg

"Seseorang yang Berusaha Berguna Bagi Orang Lain"


Komentar

Informasi :

   Jadilah Komentar Anda Yang Pertama (Pertamax). Komentarlah dengan Kata Yang Baik Dan Sopan, Dilarang Menggunakan Kata Kasar Dalam Berkomentar.
   Selalu Berkunjung Di Website Kami :3, Kami Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik.
  • Disqus
  • Website
  • Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

[+] Klik Disini Untuk View Emoticon Yang Ada Di Website. Powered By : @Indonesia-Komunitas